Pendapat yang dinukil dari Ahlussunah Wal-Jama’ah:

قال سيدنا علي رضي الله عنه )40 هـ( كان- الله- ولا مكان، وهو الان على ما- عليه- كان اهـ. أي بلا مكان.

1. Sayyidina Ali RA (40 H): “Allah telah ada sebelum adanya tempat, dan sekarang DIA tetap pada keadaan-Nya )tanpa tempat(“.

وقال أيضا : “إن الله تعالى خلق العرش إظهارًا لقدرته لا مكانا
لذاته” أ هـ.

2. Ali RA juga berkata: “Allah menciptakan ‘arasy untuk menunjukan kekuasaan-Nya, bukan untuk tempat bagi Dzat-Nya”.

وقال أيضا من زعم أن إلهنا محدود فقد جهل الخالق المعبود” اهـ. )المحدود: ما له حجم صغيرا كان أو كبيرا(

3. Ali RA juga berkata: “Barang siapa berkata Tuhan kita mahdud )jisim yg terbatasi besar/kecil( maka ia tidak tahu Pencipta yg disembah”.

وقال الإمام زين العابدين علي بن الحسين بن علي رضي الله عنهم )94 هـ( ما نصه: أنت الله الذي لا يحويك مكان” أ هـ.

4. Imam Ali Zainal ‘Abidin bin Husain RA )94 H( berkata: “Engkaulah Tuhan yang tidak terliputi tempat”.

وقال أيضا أنت الله الذي لا تحد فتكون محدودا( اهـ.

5. Beliau juga berkata: “Engkaulah Tuhan yg tidak terbatasi”.

وقال الإمام جعفر الصادق بن محمد الباقر بن زين العابدين علي بن الحسين رضوان الله عليهم )148 هـ( مانصه : “من زعم أن الله في شىء، أو من شىء، أو على شىء فقد أشرك. إذ لو كان على شىء لكان محمولا، ولو كان في شىء لكان محصورا، ولو كان من شىءلكان محدثا- أي مخلوقا” أ هـ.

6. Imam Ja’far Shodiq bin Muhamad al-Baqir bin Zainal ‘Abidin bin Al-Husain RA )148 H( berkata: “Barang siapa menyangka bahwa Allah didalam sesuatu, atau dari sesuatu, atau diatas sesuatu maka ia musyrik. Karna jika Allah diatas sesuatu maka berarti Allah ditanggung/dipanggul, dan jika didalam sesuatu berarti Allah terbatasi, dan jika dari sesuatu berarti Allah hadits/baru )mahkluq(“.

قال الإمام أبو حنيفة النعمان بن ثابت رضي الله عنه )150 هـ( ما نصه: “والله تعالى يرى في الآخرة، ويراه المؤمنون وهم في الجنة بأعين رؤوسهم بلا تشبيه ولا كميّة، ولا يكون بينه وبين خلقه مسافة” اهـ.

7. Imam Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit RA )150 H( berkata: “Allah dapat terlihat di akhirat, dan orang mukmin melihat-Nya, dan keadaan mereka didalam sorga, dengan mata kepala mereka tanpa tasybih dan tanpa bilangan. Dan tiada jarak antara Allah dan makhluk-Nya”.

وقال أيضا في كتابه الوصية: “ولقاء الله تعالى لأهل الجنة بلا كيف ولا تشبيه ولا جهة حق” اهـ.

8. Dalam kitab al-Washiyah beliau berkata: “Pertemuan Allah dgn ahli sorga tanpa takyif dan tasybih dan tanpa jihat adalah haq”.

وقال أيضًا : ” قلت: أرأيت لو قيل أين الله تعالى؟ فقال- أي أبو حنيفة-: يقال له كان الله تعالى ولا مكان قبل أن يخلق الخلق، وكان الله تعالى ولم يكن أين ولا خلق ولا شىء، وهو خالق كل شىء” اهـ.

9. Imam Abu Hanifah juga berkata: “Aku berkata, jika ditanyakan: “dimanakah Allah”?
Beliau berkata: maka jawabannya “Allah telah ada, dan tiada tempat sebelum Allah menciptakannya, dan Allah telah ada sebelum ada aina (dimana) dan tiada makhluk tiada sesuatu dan Dia-lah Pencipta segala sesuatu”.

وقال أيضا: “ونقر بأن الله سبحانه وتعالى على العرش استوى من غيرأن يكون له حاجة إليه واستقرار عليه،وهو حافظ العرش وغير العرش من غير احتياج، فلو كان محتاجا لما قدر على إيجاد العالم وتدبيره كالمخلوقين، ولو كان محتاجا إلى الجلوس والقرار فقبل خلق العرش أين كان الله، تعالى الله عن ذلك علوا كبيرا” اهـ.

10. Imam Abu Hanifah RA juga berkata: “Kami mengaku bahwa sesungguhnya Allah SWT “istiwa” atas ‘arasy tanpa adanya kebutuhan padanya dan tanpa bertetap/tinggal diatasnya. Dan Dia-lah Yang menjaga ‘arasy, dan merobahkan ‘arasy tanpa adanya kebutuhan. Maka jika Allah butuh, maka Allah tidak akan kuasa mewujudkan alam dan mengurusnya. Dan jika Allah butuh untuk duduk dan tinggal, maka sebelum menciptakan ‘arasy dimanakah Allah?
Maha suci Allah dari hal itu dgn kesucian yang agung”.

Wallahu A’lam bishowab.